Focus Time menyajikan Informasi Terkini,Teraktual,Tajam dan Terpercaya. Untuk Pemasangan Berita serta Iklan hubungi 08115819830 - 08125657953 - 081248555972

PROGRAM KEGIATAN INFRASTRUKTUR DESA SUKA DAMAI DIPANGKAS, ALOKADI DD KE PENANGGULANGAN COVID 19

INFRASTRUKTUR DESA BABULU LAUT MULAI MEMBAIK BERKAT BANTUAN ADD DAN DD SERTA BANTUAN PEMKAB PPU.
1 Agustus 2021
PEMANFAATAN DANA DESA BADAK MEKAR TAHAP PERTAMA TELAH DIALOKASIKAN
10 Agustus 2021

PROGRAM KEGIATAN INFRASTRUKTUR DESA SUKA DAMAI DIPANGKAS, ALOKADI DD KE PENANGGULANGAN COVID 19

Foto : Kepala Desa Suka Damai H.Nur alim Kec, Telukpandan kab, Kutim)

FOCUSTIME.ID,KUTAI TIMUR,- Dasar hukum penggunaan Dana Desa telah diatur berdasarkan Instruksi Mendagri No. 3 tahun 2020. Tentang Penanggulangan Covid-19 melalui APBDes, Instruksi Mendes PDTT No. 1 tahun 2021 Tentang Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 Dalam Pemberlakuan PPKM Berskala mikro di Desa, Instruksi Mendagri No. 13 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan PPKM Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid -19 di Tingkat Desa dan Kelurahan, serta Surat Edaran Mendagri No. 143/575/SJ tentang Percepatan dan Pelaksanaan Dana Desa Tahun 2021.

Foto : Sekdes Suka Damai Pak Nurdin saat wawancara dengan Media Focus Time (Selasa, 3 Agustus 2021)

Dasar tersebut diatas sehingga Media Focustime mendatangi salah satu desa di Kutai Timur yaitu Desa Suka Damai, Kec, Telukpandan, kab, kutai timur. desa ini telah melaksanakan penggunaan tahap pertama 40% alokasi bantuan Dana Desa (DD). Ditemui awak Media dikantor Desa Suka Damai, media diterima oleh sekdes pak Nurdin, beliau mewakili pak Desa Suka Damai H.Nur Alim untuk wawancara dengan media. Dalam keterangannya Pak Nurdin menyampaikan kepada Media bahwa kami atas nama desa Suka Damai mengikuti aturan pusat untuk penggunaan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN, maupun ADD yang dananya bersumber dari pemerintah Kab, Kutai Timur.

Untuk ADD desa Suka Damai, tahun 2021 kami Desa Suka Damai mendapatkan bantuan sebesar 1 Milyar lebih, ADD tersebut telah dipergunakan oleh Desa sebagai operasional kegiatan Desa, pembayaran gaji perangkat desa, honor RT, dan honor perangkat desa, dan lain-lain. desa Suka Damai telah menggunakan anggaran tahap kedua, dan telah tersalurkan sesuai peruntukannya. Selanjutnya untuk anggaran Dana Desa (DD) sendiri desa Suka Damai mendapatkan bantuan dengan nilai sebesar Rp. 1. Milyar lebih juga. Untuk tahap pertama dananya telah kami pergunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) serta penanggulangan covid 19. Untuk penerima BLT di desa Suka Damai, terdapat 169 KK yang berhak menerima, adapun besaran uang BLT tersebut sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu). Dianggarkan selama 1 tahun. Total anggaran khusus BLT desa Suka Damai pertahun sebesar Rp. 608.400.000 (Enam Ratus Delapan Juta Empat Ratus Ribu Rupiah).

Selanjutnya untuk penanggulangan covid 19, Desa Suka Damai telah mengalokasikan 8% anggaran dari dana Desa (DD) untuk penanggulangan covid 19. Khusus di desa Suka Damai, Warga kami yang meninggal dunia akibat covid 19 sebanyak 1 orang, dan 6 orang yang ISoma (Isolasi Mandiri). Mengenai penanggulangan covid 19 ini, kami sebenarnya desa punya keluhan terkait pelayanan kesehatan masyarakat kami, melalui media ini kami menghimbau kepada dinas kesehatan kutai timur agar segera melakukan upaya jemput bola ke desa-desa, warga kami sekarang pak jarang yang berobat ke Rumah sakit karna khawatir penularan covid 19. Saran kami sekiranya bisa, petugas kesehatan dari kabupaten melalui puskesmas, pusban untuk melakukan pemeriksaan ke masyarakat dengan berkoordinasi dengan desa. **(Focustim Media)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *