Focus Time menyajikan Informasi Terkini,Teraktual,Tajam dan Terpercaya. Untuk Pemasangan Berita serta Iklan hubungi 08115819830 - 08125657953 - 081248555972

KONSEP PEMBANGUNAN PARIWISATA JADI IKON DESA KERSIK KECAMATAN MARANG KAYU

PULUHAN TAHUN MENUNGGU PENYELESAIAN LAHAN TRANSMIGRASI ANGKATAN DARAT (TRANSAD) KARANG JOANG ANAK (ALM) KOPTU PURN,RAMLANI BERBICARA
24 Agustus 2021
AKSES JALAN UTAMA DESA SANTAN TENGAH RUSAK PARAH
30 September 2021

KONSEP PEMBANGUNAN PARIWISATA JADI IKON DESA KERSIK KECAMATAN MARANG KAYU

Foto Jumadi, Kepala Desa Kersik kecamatan, marangkayu

FOCUSTIME.ID,KUKAR,- Desa Kersik terletak pada bagian utara  kabupaten kutai kartanegara, masyarakatnya sebagian besar nelayan, bertani, dan sebagian lagi sebagai wiraswasta, dan karyawan perusahaan. Jumlah penduduk di desa kersik sebesar 300 KK, yang mendiami daerah perkampungan di desa kersek. Saat ini desa Kersik dipimpin oleh kepala Desa yang baru di lantik oleh bupati kutai kartanegara pada tahun 2020 yang bernama Jumadi.

Tampak depan : Kantor Desa Kersik, kecamatan, Marangkayu Kab, Kutai kartanegara

Saat wawancara dengan media, beliau menyampaikan bahwa sebelum saya menjadi kepala desa Kersik, saya adalah merupakan masyarakat biasa juga, disamping itu saya juga sebelumnya adalah salah satu guru honorer  SMK 1 marangkayu, sekaligus salah satu pelopor berdirinya SMK-1 dimarangkayu. Namun sebelum masuk sebagai guru honorer di SMK 1 Marangkayu, ternyata pak Jumadi juga pernah menjadi guru di SMA 1 Filial sejak 2010, dan jabatan di pendidikan yang pernah di sandang oleh Jumadi adalah pernah menjabat Wakil kepala sekolah pada saat berdirinya sekolah SMK 1 Marangkayu. Ditingkat ke organisasian, Pak Jumadi sendiri pernah aktif di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI),Pemuda Pancasila, Karangtaruna, serta beberapa organisasi-organisasi lainnya.

Disaat media menanyakan apa motifasinya sehingga memberanikan diri maju sebagai salah satu calon Kepala Desa, dan akhirnya terpilih, ternyata pak desa mengatakan bahwa ingin membangun desa kersik agar bisa lebih maju lagi tantangan yang saat ini kami rasakan di desa kersik, adalah sumberdaya manusia (SDM), peningkatan Sumber daya Manusia (SDM) itu sendiri perlu agar dapat mengelola sumber daya alam (SDA) di kersik sendiri. Upaya peningkatan SDM yang saat ini kami lakukan dengan menggandeng Universitas Mulawarman (Unmul) sebagai mitra, adapun pola kerjanya mahasiswa-mahasiswa Unmul datang ke Kersik untuk melakukan Edukasi dan bimbingan terhadap pemuda/pemudi di desa kersik, hal ini bertujuan agar pemuda/pemudi desa kami mengalami peningkatan SDM.

Selain peningkatan SDM yang melibatkan Unmul, desa kersik yang terkenal sebagai Desa pariwisata, salah satu pariwisata yang terkenal indah di kaltim ini adalah pantai Kersik, saat ini kami telah mengatur regulasi bagaimana objek wisata pantai nyaman bagi pengunjung, olehnya itu pantai kersik ini perlahan-lahan kami tata,  bukan cuman itu saja, saat ini di desa kersik kami juga telah berjalan program penanaman magrove, harapan kami kedepan mangrove-mangrove yang telah kami tanam bersama komunitas Sahabat Mangrove, pada saatnya nanti akan menjadi salah satu objek wisata baru di kersik apabila terkelola dengan baik.

Di singgung mengenai pemanfaatan Dana Desa (DD) tahan awal tahun 2021, pak desa menjawab insya Allah kami telah mengalokasikan sesuai dengan peruntukannya. Kami pemerintah desa, sangat berhati-hati dalam pelaksanaan pekerjaan yang memakai dana desa (DD) tersebut, karna kami mengetahui penyalah gunaan DD maupun ADD itu bisa berujung pidana tutupnya.(Focustime Media).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *