Focus Time menyajikan Informasi Terkini,Teraktual,Tajam dan Terpercaya. Untuk Pemasangan Berita serta Iklan hubungi 08115819830 - 08125657953 - 081248555972

AKSES JALAN UTAMA DESA SANTAN TENGAH RUSAK PARAH

KONSEP PEMBANGUNAN PARIWISATA JADI IKON DESA KERSIK KECAMATAN MARANG KAYU
29 September 2021
DESA GAS ALAM KECAMATAN MUARA BADAK BERSYUKUR ATAS BANTUAN ADD DAN DD.
4 Oktober 2021

AKSES JALAN UTAMA DESA SANTAN TENGAH RUSAK PARAH

Foto : sidak Komisi 3 DPRD Kab Kutai Kartanegara bersama dinas PU pada proyek Jembatan di desa Santan tengah yang di duga bermasalah

FOCUSTIME.ID,KUKAR,- Santan tengah adalah sebuah desa yang berada pada ujung utara kabupaten Kutai Kartanegara yang berbatasan dengan Kota Bontang, desa ini terdiri dari 4 dusun, serta 13 Rt. Jalan dusun Sendiri terdiri 4 jalan, dan hanya satu jalan dusun dari 4 dusun yg sebagian telah layak dilalui karena telah semenisasi yaitu kampung masjid, dan 3 dusun lainnya sebagian besar masih jalan tanah liat. Selanjutnya untuk jalan poros sendiri yang masuk santan tengah ada 23 kilo meter, dan yang sdh diperbaiki kurang lebih 5 kilometer, selebihnya 17 km itu rusak berlubang, dan ada sekitar 1 kilo meter yang benar-benar rusak parah.

Foto : Nasrullah Kepala Desa Santan Tengah

Kerusakan jalan Poros  di akui kepala desa santan tengah bahwa akibat dari kerusakan parah jalan ini, rumah-rumah warga yang berada di sekitar jalan utama (poros) menyebabkan rumah warga tertutup abu jalan yang beterbangan hingga menutupi rumah-rumah warga.sebagian besar jalan mengalami rusak parah pada saat dilalui kendaraan yang bermuatan berat seperti mobil puso pengangkut CPO ke pabrik pengolahan di kesekambing,mobil-mobil trak yang memuat paser sambera yang dari dan menuju bontang.

Foto : Jembatan di desa santan tengah rusak parah

Berdasarkan pantauan media, terdapat dua jembatan yang juga dalam keadaan rusak parah, dan hal itu di amini oleh pemerintah desa santan tengah, menurut pak desa, sudah beberapa kali kendaraan baik roda dua maupun roda 4 terkadang gempos akibat tertusuk besi-besi lantai jembatan yang sudah mulai timbul kepermukaan akibat rusaknya coran lantai jempatan.

Dan yang paling miris ada satu jembatan yang di mulai pekerjaannya pada bulan juni 2019, yang menelan anggaran sebesar Rp.14.761.308.422.00 (Empat Belas Milyar Tujuh Ratus Enam Puluh Lima Juta Tiga Ratus Delapan juta Empat Ratus Dua-puluh dua Ribu Rupiah). Pelaksananya adalah PT.Tastia Permata Sejahtera, yang beralamat Jl. Merdeka 1 No.03, Sungai Pinang Dalam, Kec. Sungai Pinang, Kota Samarinda sudah mengalami kerusakan parah, diduga ada kesalahan spesifikasi sehingga jembatan di Rt 5 tersebut mengalami kerusakan sebelum waktunya.

Kerusakan jempatan di Rt 5 tersebut yang menghubungkan santan tengah dengan santan ilir, menurut beberapa warga telah di tinjau oleh komisi 3 DPRD Kabupaten Tenggarong, namun selepas hasil kunjungan tersebut, sampai sekarang belum ada terdengar tindak lanjut dari hasil kunjungan anggota DPRD tersebut.

Harapan kepala Desa Santan Tengah Nasrullah bahwa semoga pemerintah Kabupaten Kutai kartanegara juga segera memprioritasnya perbaikan jalan di desa kami yang berbatasan langsung dengan Kota bontang pada bagian utara, bahkan saking jengkelnya masyarakat terhadap perhatian pemerintah kutai kartanegara yang dianggap tidak memperhatikan perbaikan jalan di desa santan tengah, sudah beberapa kali warga ingin menanami jalan rusak tersebut dengan tanaman pisang, namun kami dari aparat desa memberikan nasehat sehingga hal tersebut batal dilakukan.(FocusMedia).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *